WannaCry? Bagaimana IT Asset Management (ITAM) Akan Membantu Anda Mencegah Serangan Ransomware

ITAM yang tepat dapat melawan ransomware

 

Sebelum melakukan instalasi sistem keamanan rumah, proses discovery harus dilakukan untuk mengevaluasi semua kerentanan seputar properti. Tak penting seberapa bagusnya sistem keamanan rumah Anda, akan sia-sia saja jika Anda tidak mengamankan setiap jendela dan pintu.

 

Saat mengamankan aset IT, proses discovery harus dilaksanakan untuk menemukan dan mengindentifikasi semua aset IT yang perlu diamankan. Namun, aset IT sering hilang karena diganti, diperbarui, direlokasi atau di-refresh. Karena alasan ini, IT asset management penting sebagai solusi keamanan Anda.

 

1. Apakah Anda ingin menangis? 

Pada tanggal 14 Maret 2017, Microsoft merilis patch penting yang melindungi mesin-mesin dari jenis serangan ini. Pada hari Jumat, 12 Mei 2017 setidaknya 230.000 komputer di lebih dari 150 negara lumpuh karena Wannacry menjalankan aksinya.

 

Apa yang terjadi? Organisasi-organisasi yang menjalankan sistem-sistem operasi yang tidak didukung, seperti Windows XP dan Windows 2003, berisiko karena Microsoft tak lagi merilis update untuk sistem-sistem operasi tersebut. Untuk menghentikan tangisan dan melindungi organisasi-organisasi yang masih menjalankan versi-versi Windows yang lebih lama, Microsoft merilis patch untuk sistem-sistem operasi yang lebih lama dan ketinggalan zaman.

 

2. Apakah Anda ingin tahu apa yang salah? 

Sayangnya, banyak organisasi yang menderita karena patch mereka tidak ter-update. Bagi mereka yang tidak menjadikan patching sebagai prioritas, mereka sekarang tahu bahwa mereka harus mengevaluasi ulang prioritas mereka. Namun, banyak organisasi yang tidak meminta bantuan sehubungan dengan menelusuri aset IT mereka. 

 

Sepanjang sejarah, para jenderal dan komandan dalam peperangan telah menghabiskan banyak sekali jam dan hari mengevaluasi peta-peta untuk memahami medan perang. Mereka memanfaatkan pengetahuan ini untuk mendapatkan keuntungan melawan para musuh. Peta-peta menyajikan gambaran landscape beserta tantangan-tantangannya. Pada saat perang, sangatlah penting untuk tidak dikejutkan oleh musuh. Tanpa peta, para jenderal dan komandan akan bertempur seolah mereka buta.

 

Laporan aset IT itu seperti sebuah peta yang memberikan visi dari medan perang. Saat IT dapat melihat segalanya, mereka melihat tantangan yang memberikan risiko terhadap organisasi. Dengan kata lain, mereka dapat melihat semua aset yang mungkin rentan terhadap serangan ransomware, seperti sistem operasi dan aplikasi yang sudah lama dan ketinggalan zaman.

 

Bagi organisasi-organisasi yang tidak memiliki laporan aset yang dapat dipercaya, mereka bertempur dalam perang tanpa peta yang dapat diandalkan.

 

3. Apakah Anda ingin memperbaikinya?

Penting untuk memahami bahwa keamanan dimulai dengan discovery.

 

Untuk menerapkan kebijakan keamanan terhadap aset IT, solusi keamanan harus melihat asetnya. Banyak organisasi yang tidak memerhatikan pentingnya discovery service dan discovery database. Mereka menganggap kedua hal tersebut sebagai solusi keamanan mereka, bukannya sebagai komponen yang sangat penting.

 

IT asset management adalah bagian terpenting dari solusi keamanan apa pun. Discovery service harus memiliki tingkat kepercayaan sebesar 99.99% jika berhubungan dengan menemukan dan mendokumentasikan aset IT. Jika kurang dari 99.99%, maka risikonya terlalu besar.

 

Jika Anda meninggalkan satu jendela tak terkunci di rumah Anda, jendela dan pintu lainnya yang terkunci akan sia-sia saja. Untuk keamanan menyeluruh harus dipastikan semuanya melalui proses discovery. Pastikan Anda memilih solusi discovery yang dapat dipercaya jika Anda ingin memastikan bahwa jaringan Anda aman. Perangkat yang tidak Anda temukan itu seperti jendela yang tak terkunci.

 

Asset management database yang dapat dipercaya bukan hanya memberikan solusi keamanan untuk semua aset IT, namun juga memiliki kemampuan untuk memberikan data kepada sistem-sistem lain yang memerlukan informasi aset, seperti solusi IT service management atau procurement database Anda.

 

4. Apakah Anda ingin merasa bahagia?

 

Organisasi-organisasi yang tidak memiliki asset management bersama dengansolusi keamananmereka mungkin akan merasa terkejut dengan sesuatu yang tidak mereka lihat. Saya tidak akan bisa tidur di rumah jika tahu bahwa pintu ditinggalkan tidak terkunci. Bagaimanapun, tidur saya akan lebihnyenyaksaat mengetahui bahwa semua pintu dan jendela telah aman.

 

Jika Anda ingin mengurangi stres yang dirasakan oleh para manajer IT di seluruh dunia akibat WannaCry, miliki sebuah peta. Dengan kata lain, pastikan Anda memiliki data lengkap dan akurat dari setiap aset IT dalam jaringan Anda. Pastikan Anda memiliki kebijakan-kebijakan untuk menelusuri segala update dan perubahan dalam aset IT Anda.

 

Jika Anda tidak mulai me-manage aset Anda menggunakan prinsip-prinsip ITAM, Anda mungkin akan menangis tersedu-sedu saat ada sebuah pesan muncul di layar Anda menginformasikan bahwa data Anda disandera hingga Anda membayar sejumlah uang tebusan. Jangan terkejut dengan adanya aset IT yang tidak Anda lihat.

 

Sumber: https://www.ivanti.com/blog/wannacryptwannacry-4-best-practices-fighting-forever-ransomware-threats/

 

Latest News

Temukan Fakta Unik Natal di Sini!

Readmore

APAC CIO Outlook Magazine

PT Realta Chakradarma featured as TOP 50 Most Promising Microsoft Solution Provider 2016 - CIO ...

Readmore

Realta Presents Realta Business Symposium 2016

 

Semakin disadari, Teknologi Informasi dan Komunikasi (IT) berpotensi mentransformasi bisnis dan ...

Readmore

Aplikasi Helpdesk Indonesia

id.wikipedia.org, Jakarta - Lama berhubungan dengan dunia IT, apalagi yang berhubungan dengan ...

Readmore

RCD dan PTBSI Gelar National Conference 2016

PT Realta Chakradarma (RCD) dan sister company-nya PT Bisnis Sistem Indonesia (PTBSI) kembali ...

Readmore