Ancaman-Ancaman Cybersecurity Terus Berkembang: Bagaimana dengan Pertahanan Anda?

 melawan serangan cybersecurity

 

Tahun 2017 masih tersisa beberapa bulan lagi, namun sejauh ini sudah ada 5 ancaman cybersecurity terpopuler yang terus mengintai:

 

Reverse Deception Tactics: Meningkatnya penggunaan taktik penipuan seperti anti-analysis code, steganography (pesan-pesan tersembunyi dan rahasia) dan expendable command-and-control servers yang digunakan untuk menyembunyikan data yang dicuri.

 

Sophisticated Phishing Campaigns: Cybercriminals terus melanjutkan aksinya, seperti menyebutkan invoices, shipping, resumes, wire transfers, missed payments di email subject, tapi ransomware menggantikan banking Trojan sebagai salah satu malware paling prevalent karena menggunakan teknik phishing.

 

Strategic Use of Information Operations: Aktivitas espionage dan disruption tampaknya akan terus berlanjut sebagai akibat dari konflik agama, latihan militer, dll.

 

Alternative Crypto-Currencies: Bitcoin terus menjadi mata uang pilihan para cybercriminal. Kebutuhan untuk menyembunyikan transaksi-transaksi mendorong cybercriminal untuk mengembangkan dan memanfaatkan teknik pencucian bitcoin atau menggunakan cryptocurrency alternatif.

 

Distributed denial of service (DDoS)-for-hire services: Berkembangnya DDoS-for-hire botnet ecosystem yang mengancam actors mendapatkan lebih banyak akses terhadap DDoS-for-hire tools & services yang ampuh dan terjangkau.

 

Mulai dengan tindakan-tindakan dasar

Perusahaan bisa mencegah ancaman ransomware dan mengurangi pelanggaran keamanan dengan melakukan hal-hal berikut ini:

 

Melakukan pencegahan proaktif: Sosialisaikan tenant phishing scams kepada karyawan. Buatlah menjadi mudah bagi karyawan untuk melaporkan email yang mencurigakan dengan cepat.

 

Meningkatkan pengontrolan email: Pertahankan filter spam serta authentication yang kuat. Scan semua email masuk dan keluar untuk mendeteksi adanya ancaman. Pertimbangkan menggunakan cloud-based e-mail analytics solution.

 

Pisahkan infrastruktur Anda: Batasi atau hapus hak-hak admin atau cari tahu kombinasi konfigurasi yang tepat (mis.: virus scanners, firewalls). Lakukan patch terhadap sistem operasi dan aplikasi secara reguler.

 

Merencanakan kontinuitas: Tinjau, update dan uji recovery secara reguler untuk menghindari pembayaran ransom.

 

Gunakan teknologi yang tepat untuk membantu Anda

Ivanti siap membantu Anda meningkatkan patch management untuk sistem operasi dan aplikasi serta server data center Anda. Solusi-solusi Ivanti memudahkan Anda mengontrol aplikasi, perangkat user dan hak admin.  Lebih lanjut, Ivanti juga dapat membantu Anda memerangi ransomware dan malware lainnya secara lebih efektif, bahkan saat ancaman-ancaman tersebut terus berkembang. Hubungi Feti di di 021 386 1772 atau melalui email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. untuk segera mendapatkan solusi Ivanti.

 

Referensi: https://www.ivanti.com/blog/threats-evolving-defenses/

Latest News

Temukan Fakta Unik Natal di Sini!

Readmore

APAC CIO Outlook Magazine

PT Realta Chakradarma featured as TOP 50 Most Promising Microsoft Solution Provider 2016 - CIO ...

Readmore

Realta Presents Realta Business Symposium 2016

 

Semakin disadari, Teknologi Informasi dan Komunikasi (IT) berpotensi mentransformasi bisnis dan ...

Readmore

Aplikasi Helpdesk Indonesia

id.wikipedia.org, Jakarta - Lama berhubungan dengan dunia IT, apalagi yang berhubungan dengan ...

Readmore

RCD dan PTBSI Gelar National Conference 2016

PT Realta Chakradarma (RCD) dan sister company-nya PT Bisnis Sistem Indonesia (PTBSI) kembali ...

Readmore